Strategi Jitu Bangun Network Sejak Kuliah
  • copy tautan!
subscribe

Strategi Jitu Bangun Network Sejak Kuliah

30 January 2018

Kuliah jadi waktu paling tepat buat tambah teman dan perluas pergaulan. Percaya deh, networking akan berguna setelah kamu lulus dan siap-siap terjun ke dunia kerja. Bingung harus mulai networking dari mana? Yuk simak, 5 tips mudah membangun network di bangku kuliah:

  1. Jangan langsung pulang

Ya memang sih, fokus kuliah itu kadang bikin capek dan kamu pengen jadi mahasiswa “kupu-kupu” alias “kuliah-pulang kuliah-pulang”. Tapi dunia kerja ngga cuma dinilai dari IP tinggi lho. Kamu juga perlu skill lain yang cuma bisa kamu pelajari di luar kelas, mulai dari negosiasi hingga adaptasi. Ngga papa deh, ngobrol-ngobrol sebentar sama teman sekelas. Biar tetap balance dengan kuliah, atur waktumu. Ngga usah nongkrong di kantin sampai seharian, satu jam networking setiap hari cukup, kok. Say “Hi!”, ngobrol dan diskusi santai, lalu pulang.

  1. Gabung organisasi atau himpunan mahasiswa

Di sini tempat kamu mingle dengan teman-teman dari berbagai program studi. Kamu juga bisa mulai belajar bertanggung jawab dengan terlibat dalam kepengurusan himpunan mahasiswa atau penyelenggaraan event di kampus. Siapa tahu, kamu bertemu orang yang bisa jadi partner startup impian kamu gara-gara organisasi kampus.

  1. Aktif di kegiatan kampus

Sebagai selingan dari aktivitas perkuliahan, kenapa ngga join kegiatan atau event kampus? Pilih yang sesuai passion atau skill kamu. Punya hobi foto? Coba daftar jadi panitia tim dokumentasi di acara-acara seni di kampus. Lumayan kan, menambah teman sekalian mengasah skill fotografi dan menambah portfolio.

  1. Cobain part-time atau magang

Pernah dengar istilah “Today’s barista is tomorrow high-powered ad executive”? Pendapatan dari kerja part-time atau magang mungkin ngga seberapa, tapi kesempatan bangun relasi dan pengalaman kerja ini yang priceless. Siapa tahu, setelah lulus kuliah bos di tempat kamu magang dulu menawarkan pekerjaan karena suka sama hasil kerja kamu dan punya chemistry.

  1. Bolehlah carmuk sedikit sama dosen

Sering tanya-tanya dosen di kelas? Ngga salah kok, caper sama dosen asal pertanyaan yang kamu ajukan bermutu. Jalinlah komunikasi yang baik dengan dosen favoritmu. Mereka biasanya senang mengajak mahasiswanya join proyek atau penelitian, dan sebaliknya, mereka juga ngga segan memberi surat rekomendasi buat keperluan kerja kamu nantinya.

Networking saat mahasiswa aktif juga bisa membantu kamu belajar time management dan tanggung jawab biar kamu ngga culture shock pas kerja nantinya, plus bisa bikin kamu dapat duit tambahan.

Caranya, cukup download aplikasi Adsvokat, pilih brand kesukaanmu, lalu tempelkan stikernya pada mobil, helm atau laptopmu, dan dapatkan reward menarik lainnya. Lalu share di media sosial dan ajak teman-teman kamu gabung ADSvokat. Gampang banget kan?

Banyak kenalan dan dapat uang tambahan #MasaGakMau?

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.